Langsung ke konten utama

Aquascape: Seni Berkebun dalam Air

Takashi Amano the Master of Aquascape

Memiliki akuarium bagi sebagian orang menjadi hobi yang sangat menyenangkan, ada kepuasan tersendiri ketika melihat ikan warna warni nan cantik berenang-renang di jernihnya air dalam kotak kaca itu. Dalam ilmu Feng Sui konon akuarium bisa berguna untuk menyerap energi positif dari alam semesta dan menetralisir energi negatif yang ada disekitarnya, sehingga sebuah akuarium dapat memberikan nuansa sejuk diruangan yang terdapat akuarium didalamnya. tak heran apabila sebagian ahli desain interior sering memberi saran agar akuarium menjadi asesoris wajib. Keindahan akuarium juga tidak hanya berfungsi sebagai pemanis sudut ruangan saja tapi juga dapat dijadikan sebagai sarana terapi psikis untuk mengurangi stres dan depresi penghuninya, oleh sebab itu akuarium dianjurkan untuk ditempatkan diruang tamu, sudut-sudut perkantoran, ruang-ruang tunggu umum seperti rumah sakit, bandara, dan ruang publik lainnya, untuk menciptakan suasana ketenangan.

Seiring perkembangan jaman, dunia perakuariuman juga terus mengalami inovasi, dari bentuk, piranti, hingga jenis-jenisnya. Pada mulanya akuarium terbagi menjadi dua jenis yaitu akuarium air tawar dan air laut laut. Dua duanya memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Akuarium air tawar dalam perawatannya mungkin tak serumit akuarium air laut yang perlu penanganan khusus.

Belakangan ini mulai merebak jenis akuarium baru, namanya aquascape. Aquascape dipopulerkan oleh seorang fotografer dari Jepang namanya Takashi Amano. Tn. Amano mendirikan perusahaan ADA, sebuah perusahaan yang mengembangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan aquascape. lalu, apa itu aquasacape? Aquascape adalah seni mengatur tanaman air, batu-batuan, karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Aquascape menggabungkan antara seni Iwagumi dan seni akuarium. Dalam aquascape bukan ikan yang dijadikan obyek utama namun justru tumbuhan asli yang hidup alami didalam air yang ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai pemandangan yang sangat indah dan membentuk ekosistem alami biota air.

Ada tumbuhan khusus yang dapat dikembangkan untuk aquascape ini, seperti jenis lumut-lumutan, anubias, buce, pakis-pakisan, dll. Demikian juga dengan media tanamnya, seperti pasir, batu-batuan, kayu, serta macam-macam pupuk berikut  gas CO2nya serta lampu khusus sebagai pengganti sinar matahari untuk proses fotosintesis. Memang hobi aquascape ini bisa dibilang hobi yang cukup mahal, karena harga tanaman untuk aquascape bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan rupaih per batang atau per cupnya.

Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti aquascape menjadi sebuah peluang bisnis karena nilai ekonominya yang lumayan seger, bahkan diberbagai kota di Indonesia mulai banyak komunitas-komunitas aquascaper, demikian juga pameran-pameran aquascape juga mulai banyak digelar di mall-mall maupun iven-iven  khusus. nahh..Apakah anda tertarik memiliki aquascape? bayangkan aquascape-aquascape cantik  seperti dibawah ini ada di sudut ruangan favorit keluarga Anda.. : )










Suasana pameran Aquascapae

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi dibalik Paes Ageng Kanigaran

Paes Ageng Kanigaran Yogyakarta Setelah ngalami sendiri mengenakan busana Paes Ageng Kanigaran waktu merit (busana ini atas usulan dan pinginan ndoro ayuku), tiba-tiba dalam lubuk hati guehh yang valing dalam muncul rasa penasaran, pingin tau lebih jauh tentang busana pengantin khas kebesaran kraton Jogja dan Solo ini. Mungkin bagi orang Jawa khususnya warga Jogja dan Solo pasti nggak asing, sesekali pasti pernah melihat busana pengantin ini saat menghadiri resepsi, kecuali para Jones akut yang terserang sindrom paranoid anti kondangan, dengan motto-nya 'lebih baik nitip amplop sama temen daripada mati baper dilokasi resepsi' haha.. Konon busana Paes Ageng ini dulu hanya boleh dipakai para raja dan permaisuri di lingkungan kraton kasultanan Yogyakarta dan Solo saat diadakan upacara-upacara besar Kraton. Namun sejak masa Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX busana kebesaran raja ini mulai diperbolehkan dipakai masyarakat biasa sebagi busana pengantin. Sakral, mewah, ca

Tentang Mawar

“Say love with flower”, begitulah sebagai ungkapan cinta, kepedulian, empati, dan penghargaan kepada seseorang yang kita sayangi. Bunga memiliki simbolik arti yang mewakili emosi atau perasaan seseorang tanpa harus mengungkapkan kata-kata. Budaya give with flowers sudah ada sejak jaman baheula. Bahkan ragam kebudayaan bangsa yang ada di dunia ini, bunga selain memiliki nilai dari sisi romantik, estetik, spiritual, namun juga sampai urusan megis. Ada bunga bunga tertentu yang sangat erat dengan eksistensi manusia, karena setiap jenis bunga memiliki makna simbolik tersendiri, misalnya jenis bunga yang sangat populer adalah bunga mawar (rose). Bunga mawar dengan nama latin Rosa ini konon sudah ada sejak 40 juta tahun yang lalu, fosil mawar tertua tersebut disimpan di Florissant Fossil Beds,  Colorado. Mesir, Cina, Yunani, Romawi dan Fenesia merupakan bangsa yang pertama membudidayakan bunga Mawar dalam bentuk perkebunan, mereka menjadikan bunga mawar sebagai hiasan istana, mandi k